Perjuangan adalah bagian dari taqdir

WAJIBKAH DALAM MENGAMBIL MAZHAB TERTENTU DALAM BERAMAL?

Ketahuilah wahai saudaraku! tidaklah wajib bagi kita mengambil mazhab tertentu yang dijadikan patokan dalam beramal, dan inilah yang benar karenatidak ada kewajiban kecuali apa yang Allah dan Rasul-Nya wajibkan. sedangkan Allah dan Rasul Nyamewajibkan manusia untukmengambil mazhab tertentu dari para imam yang membawanya untuk taklid(fanatik) kepada imam tersebut. dan suggut sudah berlalu masa masa mulia (zaman sahabat) yang mereka berlepas diri dari hal yang semacam ini. maka dari sini jeas bawa iltizam(senantiasa) dalam mazhab tertentu tidaklah boleh dan ini adalah hukum asal. akan tetapi, ini tidak secara mutlak(paten); kadang-kadang boleh pada kundisi tertentu, diantaranya:

1.  Seseorang tidak bisa mempelajari agamanya kecuali harus dengan mazhab tertentu.

2. Dengan iltizam ia dengan mazhab tersebut hingga ia mampu menolak bahaya yang besar dan bahaya tersebut tidak bisa dibendung kecuali dengan mazhab tertentu.

Kesinpulannya ada ketentuan yang mengatur seseorang boleh mengambil mazhab tertentu yaitu sisi tinjauan maslahat(kebaikan) dan mafsadat(kerusakan/keburukan). jika dalam mengambil mazhab tertentu ada maslahat besar yang diambil maka tidak mengapa dalam mengam bil mazhab tertentu.

Tag : akhlak
0 Komentar untuk "WAJIBKAH DALAM MENGAMBIL MAZHAB TERTENTU DALAM BERAMAL?"

Back To Top